Panduan Beasiswa


Ada beberapa hal yang wajib dipersiapkan untuk memperoleh beasiswa. Yang jelas intinya kita dituntut harus aktif memburu dan mempersiapkan kemampuan diri dalam bersaing.
Berikut ini sedikit saran untuk bisa meraih beasiswa:
Rajin Mencari informasi
Rajin mengumpulkan informasi beasiswa dari universitas dan lembaga yang memberikan beasiswa. Itu adalah modal utama yang menetukan kesuksesan kita dalam memperoleh beasiswa. Setelah itu, Kita pelajari secara seksama seluk beluk beasiswa dari universitas tersebut.
Memiliki nilai yang baik
Nilai selalu saja menjadi hal yang sangat diperhatikan dalam seleksei beasiswa. Disamping juga mental dan kemampuan lainnya.
Untuk itu, pastikan nilai kita selalu baik pada saat belajar. Meski seseorang mampu memperoleh nilai yang sangat tinggi dalam tes masuk universitas, tapi memiliki nilai rata-rata rapor yang relatif rendah, belum tentu bisa meraih beasiswa.
Perlu di ketahui, biasanya nilai yang dijadikan syarat mendapatkan beasiswa adalah 7 keatas.
Aktif
Menjadi orang yang aktif akan sangat membantu kita dalam meraih beaiswa. Selain juga pihak pemberi beasiswa akan sangat memperhatikan masalah ini.
Sebab, tidak ada donatur atau universitas yang mau memberikan beasiswa kepada orang yang lola bin lemot. Meskipun dia pintar dan baik nilainya.
Berprestasi akademik
Berprestasi akademik di sini berarti Anda tidak hanya sekadar memiliki nilai bagus di sekolah, tapi juga aktif dan mampu berprestasi di perlombaan-perlombaan antar sekolah. Ada beberapa lingkup perlombaan yang dapat Anda ikuti, mulai dari tingkat kota, provinsi, hingga nasional.
Dalam hal ini, Anda harus turut aktif dalam mencari informasi, jangan hanya sekadar menunggu intruksi dari sekolah untuk mewakili nama sekolah. Ada banyak perlombaan bertebaran di luar sana yang menunggu untuk diikuti.
Berprestasi non-akademik
Prestasi non akademik akan menjadi penilain tersendiri bagi sang donatur atau universitas. Yang tentunya prestasi tersebut juga mempunyai hubungan yang erat dengan dunia pendidikan. Seperti prestasi dalam menulis, public speaking dan lain-lain.
Memiliki kemampuan bahasa asing
Mampu berbahasa asing sekarang menjadi hal yang sangat menentgukan dalam meraih beasiswa. Baik itu bahasa Arab bagi anda yang hendak belajar ke timur tengah, atau bahasa Inggris. Kita dituntut untuk mampu berbahasa asing (kalau bisa Arab dan Inggrisnya sekaligus) secara aktif. Baik lisan maupun tulisan.
Doa
siapa sih yang dapat menentukan semua takdir dan nasib Kita? Hanya Allah kan? maka rajin-rajinlah berdoa agar di beri rizki untuk bisa meraih beasiswa. Pintar saja tidak cukup. ingat itu. Berdoalah.


semoga sukses.


Beasiswa Muslim