Kuliah di Yordania





Yordania nama aslinya Trans Yordania, lahir pada abad ke 20 dalam konferensi San Remo, April 1920, di bawah mandat  Inggris. Pada tanggal 15 Mei 1923 Inggris menyerahkan pemerintahan Trans Yordania kepada Amir Abdullah. Kemudian beliau menjadi raja pertama untuk negara Yordania. Meskipun demikian, dalam urusan pertahanan hubungan luar negeri dan keuangan tetap berada dalam kekuasan Inggris.
Pada bulan April 1950, Raja Abdullah mengubah nama kerajaannya menjadi Mamlakah Al-Urduniyah Al-Hasyimiyah. Namun pada tahun 20 juli 1951, beliau dibunuh oleh seorang berkewargaan Palestina yang tidak menyetujui rencananya untuk membuat perdamaian dengan Israel. Padahal sebelumnya pada tahun 1948 beliau telah berhasil merebut tepi barat Palestina termasuk Jerussalem (Al-Quds) dari tangan Israel. Tahta kerajaan kemudian dipegang oleh Raja Thalal, putranya. Namun karena alasan kesehatan maka pada tanggal 20 juli 1952 beliau menyerahkan tahta kerajaan  kepada putranya, Husein, yang kala itu masih berusia 17 tahun. Raja Husein menjadi raja Yordania hingga wafat pada tanggal 07 februari 1999.
Sesuai dengan pasal 28 konsitusi Yordania, maka Raja Husein diganti oleh putranya, Pangeran Abdullah II, yang hingga saat ini masih menjadi raja Yordania. Menurut silsilah, Raja Abdullah II ini merupakan garis keturunan langsung ke-43 dari Nabi Muhammad SAW dari Bani Hasyim melalui Sayidina Hasan, putra pertama Sayidina Ali bin Abi Thalib dengan Sayidah Fatimah binti Muhammad saw.. Maka atas dasar tersebut pula kerajaan Yordania dinamai Al-Mamlakah al-Urduniyah al-Hasyimiyah.

B. LETAK GEOGRAFIS
Yordania mempunyai empat perbatasan darat yaitu sebelah utara dengan Suria, di selatan dengan Saudi Arabia, di barat dengan Israel dan bagian timur dengan Iraq. Sedangkan untuk bagian laut hanya mempunyai satu perbatasan dengan negara Mesir.
Kawasan Yordania terletak di sepanjang sungai Yordania, Laut Mati dan Wadi Araba. Laut Mati merupakan tempat terendah di Dunia menjangkau 400 meter di bawah permukaan laut, sedangkan puncak tertinggi di Yordania terdapat di gunung Ummud Dami mencapai 1854 meter.
Negara penampung pengungsi paling besar di Dunia terutama yang berasal dari Palestina ini mempunyai luas wilayah sedikit lebih besar dari Provinsi Riau di Sumatra yaitu sekitar, 96.089 km², dan terletak di bujur barat daya, 290º11-330º 22 utara, dan 340 º 559-390 º 18 timur.

C. IKLIM
Negara Arab pada umumnya berada di kawasan gurun pasir yang identik dengan suhu panas. Namun di kawasan Yordania suhu panas cenderung relatif lebih rendah dibandingkan dengan negara sekitarnya. Hal ini dapat dilihat ketika musim panas berlangsung pada umumnya suhu berkisar 24,7ºc. Terdapat empat musim dalam satu tahun:
Musim panas    : Juni, Juli, Agustus
Musim gugur     : September, Oktober, Nopember
Musim dingin    : Desember, Januari, Februari (diiringi dengan turun salju)
Musim semi      : Maret, April, Mei

D. SOSIAL DAN POLITIK
Pemerintahan Yordania menganut sistem Monarki Konstitusional. Tahta kerajaan merupakan warisan turun-temurun yang dipegang oleh keluarga Hasyimiyah. Pemerintahan dijalankan oleh kabinet yang dipimpin oleh perdana menteri yang diangkat oleh raja dan tidak dibatasi oleh waktu yang tetap. Sedangkan parlemen yang terdiri dari Majelis Rendah dipilih melalui pemilihan secara langsung dan Majelis Tinggi yang dipilih secara tidak langsung. Terdapat dua partai politik yang mana partai pemerintahan adalah Hizbul Wathani sedangkan partai oposisi Hizbul Islami.
Penduduk asli Yordania sangat sedikit dibandingkan dengan pendatang dari Palestina. Diperkirakan 62% penduduk Negara Yordania berasal dari Palestina. Hal ini terjadi karena pihak kerajaan membuka pintu dengan lebar bagi imigran Palestina dan diberi kesempatan untuk menjadi warga Negara Yordania, terutama setelah meletusnya pasca perang Arab-Israel pada tahun 1948. Yordania juga merupakan sebuah negara Timur Tengah yang terkenal dengan keamanannya. Mereka mempunyai budaya sama seperti masyarakat Arab pada umumnya, yang berpegang teguh pada adat dan hidup bermarga.
Bahasa yang digunakan adalah bahasa Arab, dan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Populasi penduduknya 5.460.265 pada tahun 2003, mayoritas memeluk agama Islam Sunni.

E. EKONOMI
Yordania merupakan negara timur tengah yang tidak menghasilkan minyak bumi bahkan harus mengimpor dari luar. Namun dengan kekurangan tersebut kerajaan Yordania memacu rakyatnya dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Ini terbukti dengan rata-rata tingkat pendidikan warga negaranya, sehingga mampu mengimbangi tingkat pertumbuhan ekonomi negara-negara sekitarnya.
Dengan berjalannya arus tekhnologi yang dimanfaatkan oleh warga setempat maka negara Yordania yang asalnya gersang menjadi hijau dan dipagari oleh gedung-gedung pencakar langit. Adapun hasil yang bersumber dari alam antra lain pospat dan garam, hasil industri textil, pelastik, semen dan produksi makanan sedangkan dari hasil pertanian meliputi gandum, sayuran, buah-buahan dan minyak atau buah zaitun.

F. WISATA
Yordania kaya dengan tempat wisata yang mana setiap tahunnya bisa mencapai jutaan pengunjung. Karena disamping letaknya yang strategis juga dikenal dengan bumi para Anbiya serta banyak peninggalan bangsa Romawi, sehingga menjadi daya tarik tersendiri.
Beberapa nama tempat bersejarah antara lain: Petra, Laut Mati, Jars, Gua Ashabul Kahfi, Gua Nabi Luth, Um Qais, Aqabah, Wadi Rum, Ajlaun, Teater Roma, Pela, Karak Castle, Mount Nebo, Madaba, Um al-Jimal, Qal'ah Azraq, Qashr Amra, makam Nabi Syu'aib, makam Nabi Hud, makam Nabi Yusya, makam nabi Musa, maqam bahtera nabi Nuh, pohon tempat Nabi Muhamad saw. berteduh kemudian jumpa dengan pendeta Buhairah, medan perang shahabat (Mu'tah, Yarmouk). Makam-makam sahabat seperti Abu Ubaidah ibnul Jarrah, Abdurahman bin Auf, Abu Musa al-Asy'ari, Ja'far Athayar, Zaid bin Harits, Abdullah bin Rawahah, Muadz bin Jabal dan masih banyak lagi shahabat-shahabat dan tempat bersejarah yang belum disebutkan satu persatu.
  

G. 
GAMBARAN UMUM YORDANIA
Nama Negara
:
Al-Mamlakah Al-Urduniah Al-Hasyimiah [The Hashemite Kingdom of Jordan].
Bentuk Negara
:
KeRajaan.
Pemerintahan
:
Monarki Konstitusional.
Kepala Negara
:
Raja Abdullah II bin Hussein [ lahir 30 Januari 1962 ]
Raja-Raja Sebelumnya
:
Abdullah I [1946-1951], Thalal [1951-1952] Hussein [1952-1998]
Ibu Kota
:
Amman [ 737.279 Jiwa ].
Bahasa Resmi
:
Arab dan Inggris
Luas Wilayah
:
96.082 KM2
Mata Uang
:
Dinar Jordan [JD] ; 1 JD = US$ 1.41.-
Sistem Ekonomi
:
Market Oriented
Batas Negara
:
Utara ; Syria, Selatan ; Saudi Arabia, Barat ; Palestina & Israel, Timur ; Iraq.
Jumlah Penduduk
:
5.460.265 [tahun 2003] 35% Yordania [Pribumi], 62% Palestina, 3% Lain-lain.
Kepadatan
:
90 Jiwa per MIL2.
Suku Bangsa
:
Arab dan sebagian kecil Sarkasia, Armenia dan Kurdi.
Pertambahan
:
3.2% per tahun.
Iklim & Cuaca
:
4 Musim : Terdingin Januari -3dc dan terpanas Agustus 31dc.
Agama
:
Islam Sunni 93,6% . Sisanya Kristen ortodox Roma Yunani dan Armenia.
Baca - Tulis
:
71% [ 1989 ].
Lagu Kebangsaan
:
The Royal Salute.
Hasil Tani
:
Padi-padian, Buah Zaitun, Sayur-Sayuran & Buah-buahan.
Sumber Alam
:
Pospat, Garam dll.
Industri
:
Textil, Plastik, Semen dan Prosessing makanan.
Income P.C
:
US$. 3.500 (2002)
G,N.P
:
US$. 16 bilyun (2002)
Budget
:
99.3 Bilyun (1999)
Hari Besar
:
25 Mei 1946 [ Hari Kemerdekaan ].


II. BELAJAR DI YORDANIA

A. PERGURUAN TINGGI NEGERI/PTN
Perguruan-perguruan tinggi di Yordania seluruhnya bernaung di bawah Departemen Pendidikan Tinggi. Jumlah perguruan tinggi negeri yang ada sebanyak 6 (enam). Satu di antaranya berlokasi di ibu kota Yordania, Amman. Sedangkan lima lainya terpencar di beberapa provinsi.
Di bawah ini akan di jabarkan tentang  profil keenam PTN tersebut:

1. AL-ALBAYT UNIVERSITY
Berawal dari gagasan Raja Husein (Raja ke-3) yang sangat intensif untuk mendirikan sebuah Universitas bertarap internasional di daerah gurun pasir yang tandus dan tidak berpenghuni warga tetap, kecuali Arab baduy yang hidupnya berpindah-pindah. Sehingga pada tanggal 17 Agustus 1992 M dibuatlah suatu panitia pembentukan yang disebut dengan Al-idaarah Al-Malakiyah Asy-Syamiyah mengeluarkan ketetapan tentang pendirian universitas di daerah Mafraq. Dengan waktu begitu singkat maka pada tanggal 2 Maret 1993 berdirilah universitas yang diberi nama Al-AlBayt dengan menyulap markas tentara Yordania  menjadi kampus Universitas Al-AlBayt.
Adapun Mafrak yang sekarang sudah berubah menjadi kota berlokasi 65 km dari sebelah timur Amman, dan mempunyai luas wilayah 7539 km², ketika musim panas suhu berkisar 16 ºc -31 ºc dan pada musim dingin 12 ºc -02 ºc.
Fakultas dan jurusan yang tersedia adalah:
-         Fakultas Sastra (Arab, Inggris, Sejarah, Arkeologi dll)
-         Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
-         Fakultas Ekonomi dan Ilmu Administrasi
-         Fakultas Tarbiyah
-         Fakultas Tarbiyah Fakultas Hukum
-         Fakultas Syari’ah (Ushuluddin dan Ushul Fiqh)
-         Fakultas Teknik
-         Fakultas Pendidikan Olahraga
-         Fakultas Sains (Fisika, Biologi, Kimia dll)
-         Fakultas Perawatan
-         Fakultas Antropologi
-         Fakultas Pertanian dll
Jenjang pendidikan yang ada adalah D3, S1, S2

2. YARMOUK UNIVERSITY
Universitas Yarmouk berdiri pada 24 Juni 1975. Terletak di propinsi Irbid yang berjarak sekitar 80 km ke arah utara dari ibu kota Yordania (Amman). Universitas tersebut diberi nama sesuai dengan lokasinya yang berdekatan dengan medan perang Yarmouk.
Fakultas yang ada antara lain:
-         Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
-         Fakultas Sastra
-         Fakultas Ekonomi dan Ilmu Administrasi
-         Fakultas Pendidikan dan Kesenian
-         Fakultas Teknologi
-         Fakultas Syari’ah( Fiqh, Ushuludin, Ekonomi Islam)
-         Fakultas Pendidikan Olahraga
-         Fakultas Hukum

Untuk ketiga fakultas (keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas sastra dan ekonomi Islam) terdapat jenjang S1, S2 dan S3.  Sedangkan fakultas lainnya hanya terdapat S1 dan S2.

3. JORDAN UNIVERSITY OF SCIENCE AND TECHNOLOGY (JUST)
JUST didirikan pada bulan September 1986. JUST merupakan universitas negeri khusus untuk bidang tekhnologi. Secara global mencakup bidang kedokteran, komputer, industri dan pertanian. Terletak di 70 km ke utara Amman dan 20 km dari Irbid.
Fakultas yang tersedia adalah:
-         Fakultas Farmasi
-         Fakultas Kedokteran
-         Fakultas Teknologi
-         Fakultas Pertanian
-         Fakultas Perawatan

4. MU'TAH UNIVERSITY
Berdiri pada tanggal 23 April 1981. Pada tiga tahun pertama sejak diresmikannya, universitas Mu'ath hanya membuka dua fakultas yaitu fakultas kepolisian dan fakultas Hukum. Kemudian dengan perkembangan yang begitu cepat pada tahun1986 telah mampu membuka tujuh fakultas lainnya.
Universitas tersebut diberi nama sesuai dengan lokasinya  yang berdekatan dengan medan perang Mu'tah.
Terletak di provinsi Karak, sekitar 120 km ke arah selatan dari kota amman.
Fakultas yang tersedia:
-         Fakultas Sastra (Arab, Inggris, Sejarah, Arkeologi dll)
-         Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
-         Fakultas Ekonomi dan Ilmu Administrasi
-         Fakultas Tarbiyah
-         Fakultas Hukum
-         Fakultas Syari’ah (Ushuluddin dan Ushul Fiqh)
-         Fakultas Teknik
-         Fakultas Pendidikan Olahraga
-         Fakultas Sains (Fisika, Biologi, Kimia dll)
-         Fakultas kedokteran
-         Fakultas pertanian
Jenjang pendidikan yang ada adalah D3, S1dan S2

5. UNIVERSITY OF JORDAN
Merupakan universitas pertama dan tertua di Negara Yordania yang dibuka pada tahun 1962.
Terletak di ibu kota Yordania, tepatnya disebelah utara kota Amman.
Fakultas yang tersedia:
-         Fakultas Ekonomi dan Administrasi
-         Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi
-         Fakultas Farmasi
-         Fakultas Hukum
-         Fakultas Syari’ah, Ushuluddin
-         Fakultas Tarbiyah (dengan segala jurusan)
-         Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
-         Fakultas Olahraga
-         Fakultas Pertanian (dengan segala jurusan)
-         Fakultas Administrasi Bisnis
-         Fakultas Sastra (Arab, Inggris, Perancis dan Bahasa-bahasa                                               International lainnya)
-         Fakultas Tekhnologi dan lain-lain
Jenjang pendidikan yang ada adalah D3, S1, S2 dan S3, kecuali Fakultas Administrasi Bisnis.

6. HASHEMITE UNIVERSITY
Merupakan universitas termuda di Yordania akan tetapi sangat cepat perkembangannya. Berdiri pada tahun 1996 dan terletak di provinsi Zarqa sekitar 55 km dari kota Amman
Fakultas yang tersedia:
-         Fakultas Sastra (Arab, Inggris, Sejarah, Arkeologi dll)
-         Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
-         Fakultas Ekonomi dan Ilmu Administrasi
-         Fakultas Tarbiyah
-         Fakultas Hukum
-         Fakultas Teknik
-         Fakultas Pendidikan Olahraga
-         Fakultas Sains (Fisika, Biologi, Kimia dll)
  
1.        GAMBARAN UMUM TINGKAT PENDIDIKAN DAN JURUSAN YANG ADA DI PTN YORDANIA PADA TAHUN  2004/2005

No
FAKULTAS
JURUSAN
BACHELOR
(S1)
MASTER
(S2)
DOCTOR
(S3)



01



SYARI'AH
Fiqh Wa Ushul
*
*
*
Hukum Islam
*
*
Ushuludin
*
*
*
Hadist
*
*
Tafsir
*
*
Ekonomi &Perbankan Islam
*
*
*
Dirosat Islamiyah
*
Tarbiyah Islamiyah
*
*
;l




02




SASTRA
Sastra Inggris
*
*
*
Jurnalistik
*
Translation
*
Sejarah Islam
*
Sejarah Kontemporer
*
Sejarah dan peradaban Islam
*
Ekonomi Politik Internasional
*
Sastra Arab
*
*
*
Kaidah Bahasa Arab
*
*




03



MANAGEMENT BISNIS
Management Bisnis
*
*
Management Umum
*
*
Marketing
*
*
Akuntansi
*
*
Ekonomi
*
*
Perbankan
*
*
Management informatika
*
*




04



ILMU EKSAK
Matematika
*
*
*
Fisika
*
*
*
Kimia
*
*
*
Statistik
*
Biologi
*
*
*
Geologi
*
Elektro
*
*
*




05



KEDOKTERAN
Dokter Umum
*
Dokter Anak**
Dokter Penyakit Dalam
Ilmu Perobatan
*
Dokter Kandungan**
Dokter kulit**

06

AGRICULTURE
Perkebunan
*
*
*
Bahan makanan
*
*
*
Industri Pertanian
*
*
*
Management Pertanian
*
*
*
Proteksi Tumbuhan
*
*
*

07

PERAWAT
Perawat Social
*
Ilmu perawat ibu dan anak
*
*
Perawat kesehatan dewasa
*








08






PENDIDIKAN
Pendidikan anak
*
Pendidikan khusus
*
*
*
Guru Sekolah
*
Pembinaan Psikologi
*
*
*
Ilmu asas-asas pendidikan
*
*
Management pendidikan
*
*
Sistematika pengajaran Bhs Inggris
*
*
Sistematika pengajaran Bhs Arab
*
*
Sistematika pengajaran Matematika
*
*
Sistematika pengajaran tekhnik
*
*
Sistematika pengajaran Science
*
*




09



ENGINEER DAN TEKHNIK
Tekhnik Sipil
*
*
Arsitek
*
*
Elektro
*
*
Mekanik
*
*
*
Kimia
*
*
Industri
*
Computer
*
*

10

HUKUM
Hukum Nasional
*
*
HUkum Internasional
*
*

11

PENDIDIKAN OLAHRAGA
Pembinaan dan pengajaran
*
*
Administrasi pelatihan
*
*
Kesehatan Rohani
*
*

12

PARMACY
Pendidikan Apoteker
*
*

13

DOKTER GIGI
Perawatan gigi
*
Perawatan dan penyusunan gigi anak
*
Penyakit mulut**






14




ILMU SOSIAL MASYARAKAT
Filsafat
*
Antropologi
*
*
Arkeologi
*
*
Sejarah
*
*
*
Ilmu social
*
*
Geografi
*
*
*
Psikologi
*
*
Ekonomi
*
*
Politik
*
*

15

TEKHNIK INFORMATIKA
Program computer
*
*
Ilmu Komputer
*
*
Management Informatika
*
*

16

KESENIAN
Seni musik
*
Seni Rupa
*
Teather
*

Ket:
            * Terdapat program pendidikan
            ** Masih terdapat cabang jurusan spesialis               


Adapun fasilitas-fasilitas yang tersedia di kampus keenam PTN di atas adalah sebagai berikut:

No.
AL-ALBAYT UNIVERSITY
YARMOUK UNIVERSITY
JORDAN UNIVERSITY OF SCIENCE AND TECHNOLOGY
1
Musium(tumbuhan, Anatomy, phatology)
Musium(tumbuhan, Anatomy, phatology)
12 Auditorium
2
Lab computer (internet, praktek)
Lab computer (internet, praktek)
Musium(tumbuhan, Anatomy, phatology)
3
Masjid
Masjid
Masjid
4
2 buah Restoran
1 buah Restoran
2 buah Mini market
5
5 buah Kantin
3 buah Kantin
2 buah Restoran
6
3 buah Mini market
1 buah Mini market
8 buah Kantin
7
Asrama putra
Perpustakaan
Asrama putra
8
Asrama putri
Bookshop
Asrama putri
9
Perpustakaan
Workshop
Perpustakaan
10
Bookshop
Klinik
Bookshop
11
Workshop
Lapangan olahraga( footshal, tennis, basket, bulutangkis,)
Workshop
12
Klinik
1 buah Aula pertemuan
Klinik
13
Layanan pos dan Po.Box
Lapangan olahraga(footshal, tennis, basket, bulutangkis)
14
Lapangan olahraga( footshal, tennis, basket, bulutangkis, poly. dll),
Satadium kapasitas 7000 orang penonton
15
Kolam renang
Aula pertemuan
16
Gymnasium+billiard
17
2 buah Aula pertemuan


No.
MU'TAH UNIVERSITY
UNIVERSITY OF JORDAN
HASHEMITE UNIVERSITY
1
Laboratorium
Musium(tumbuhan, Anatomy, phatology)
1 buah Restoran
2
Musium(tumbuhan, Anatomy, phatology)
Masjid
3 buah Kantin
3
Masjid
2 buah Restoran
Asrama putri
4
1 buah Restoran
8 buah Kantin
Perpustakaan
5
1 buah Mini market
Asrama putri
Bookshop
6
2 buah Kantin
Perpustakaan
Workshop
7
Asrama putri
Bookshop
Klinik
8
Perpustakaan
Workshop
Lapangan olahraga: footshal, tennis, basket, bulutangkis)
9
Bookshop
Klinik
Aula pertemuan
10
Workshop
Lapangan olah raga  footshal, tennis, basket, bulutangkis)
11
Klinik
Aula Pertemuan
12
Lapangan olahraga(footshal, tennis, basket, bulutangkis)
13
Aula Pertemuan


SISTEM BELAJAR
Pendidikan yang diterapkan seluruh PTN Yordania memakai sistem SKS. Setiap tahun terdiri dari tiga semester, yang mana semester pertama dan semester kedua kurang lebih 8 (delapan) bulan, sedangkan semester pendek kurang lebih 2 (dua) bulan.
Pada semester pertama dan kedua mata kuliah yang harus diambil maksimal 18 SKS atau sebanyak 6 mata kuliah dan minimal 12 SKS atau 4 mata kuliah. Bahasa pengantar yang dipakai adalah bahasa Arab dan bahasa Inggris. Kegiatan akademis dimulai setiap awal bulan Oktober. Setiap mahasiswa diberikan tawaran mengikuti kuliah pada pagi, siang dan sore hari. Masa libur pada setiap semester selama 15 hari dan libur pada setiap akhir tahun ajaran selama satu setengah bulan. Hari libur resmi adalah hari jum’at dan sabtu.

Di bawah ini sistem belajar di Yordania sesuai dengan tingkat pendidikan:  
a). Program Bachelor (S1)
1. Jumlah mata kuliah seluruhnya:
* 42 s/d 46 mata kuliah (126 s/d 132 SKS)
* Termasuk 6 juz al-Qur'an khusus Fakultas Syariah
* Khusus Kedokteran terdiri dari 166 s/d 257 SKS
* Khusus Tekhnik Informatika terdiri dari 130 s/d 160 SKS
2. Masa belajar minimal 3 tahun dan maksimal 7 tahun
3. Satu tahun terdiri dari 3 semester; 2 semester wajib (1 semester kurang lebih 4  bulan) dan semester musim panas 2 bulan (tidak wajib)
4. Materi yang boleh diambil maksimal 6 materi/semester (18 SKS) minimal 4 materi (12 SKS), sedangkan musim panas maksimal 3 materi (9 SKS)
5. Wajib hadir dengan persentase 85% permata kuliah.
6. Terdapat 3 (tiga) kali ujian disetiap semester, dengan hitungan nilai 20% ujian pertama, 20% ujian kedua, 10% aktifitas siswa dan 50% ujian akhir. Nilai seluruh 100%.
7. Apabila mahasiswa mendapat nilai di bawah 60% permata kuliah, setelah perhitungan terakhir, maka dia diperbolehkan mengulangi mata kuliah tersebut pada semester berikutnya. Dan apabila di bawah 50% permata kuliah, dia diwaijbkan untuk mengulangi mata kuliah tersebut.
8. Bagi siswa yang mempunyai nilai rata-rata dibawah 60% dari keseluruhan mata kuliah yang sudah diambil pada 2 semester wajib, maka akan diberi peringatan (indzar) dari pihak universitas dengan batas waktu 2 semester wajib untuk memperbaiki nilai rata-ratanya.
9. Apabila mahasiswa tidak dapat memperbaiki nilai pada semester berikutnya, akan dipindahkan kejurusan yang lain, misalnya Jurusan Fiqh ke Ushuludin. Apabila mahasiswa tersebut masih belum bisa memperbaikinya setelah pindah ke jurusan baru tersebut dalam jangka waktu 2 semester berturut-turut, maka siswa tersebut dikeluarkan dari universitas (DO).
10. Bagi siswa yang mempunyai nilai rata-rata di bawah 50% setelah dia belajar 2 semester lebih, akan dikeluarkan langsung dari universitas (DO) tanpa diberi peringatan terlebih dahulu, terkecuali bagi siswa yang baru semester pertama

                 Perhitungan nilai rata-rata
Accumulative Average
Rating
84-100
Excellent(A)
76-83
Very Good (B)
69-75
Good (C)
60-68
Pass (D)
Below 60
Fail(F)
(passing Grade for The Cource is 50)

b). Program Master (S2)
1. Program tesis            : 30 SKS + Tesis
2. Program tanpa tesis : 39 SKS (ujian menyeluruh)
3. Masa belajar minimal 3 semester dan maksimal 8 semester (tanpa masa cuti belajar) dan tanpa semester musim panas
4. Wajib hadir dengan persentase 85% per-mata kuliah dalam 1 semester
5. Apabila nilai rata-rata mahasiswa kurang dari 75% selama dua semester berturut-turut, maka mahasiswa tersebut akan dikeluarkan dari universitas (DO)
6. Diperbolehkan bagi setiap mahasiswa untuk mengulangi materi yang bernilai di bawah 70%
7. Diwajibkan mengikuti ujian TOEFL sampai pada point 500 dan apabila tidak lulus diharuskan mengambil materi pengganti sebanyak 3 materi

Perhitungan nilai rata-rata :
Accumulative Average
Rating
Above 90%
Excellent
80-89%
Very Good
70-79
Good
Below 70%
Fail

c). Program Doktor (S3)
                  Sistem belajar dan perhitungan nilai rata-rata, hampir sama dengan program Master (S2)

2.        BIAYA PENDIDIKAN
a). Program Bachelor (S1)
     Terdapat dua sistem pembayaran:
§         Sistem pembayaran biasa (disamakan dengan orang pribumi)
§         Sistem pembayaran Internasional (diberlakukan untuk orang asing )

Program Biasa:
1.      Biaya penerimaan masuk
§         Jordan University                                        : US$22
§         Al-al Bayt University                                   : US$50
§         Mu'tah University                                        : US$50
§         Yarmouk University                                    : US$50
§         Jordan University Science and Technology  : US$22
§         Hashemite University                                  : US$50

2.      Biaya Administrasi per-semester
§         Jordan University                                        : US$71
§         Al-al Bayt University                                   : US$43
§         Mu'tah University                                        : US$71
§         Yarmouk University                                    : US$43
§         Jordan University Science and Technology  : US$50
§         Hashemite University                                  : US$43

Program Internasional :
1.      Biaya pendaftaran masuk dan lain-lain
§         Jordan University                                             : US$210
§         Al-al Bayt University                                        : US$250
§         Mu'tah University                                             : US$263
§         Yarmouk University                                         : US$263
§         Jordan University Science and Technology       : US$120
§         Hashemite University                                       : US$250

2.      Biaya administrasi per-semester*
§         Jordan University                                            : US$210
§         Al-al Bayt University                                       : US$200
§         Mu'tah University                                            : US$260
§         Yarmouk University                                        : US$121
§         Jordan University Science and Technology      : US$121
§         Hashemite University                                      : US$200
* Biaya tersebut tidak termasuk belajar semester musim panas (semester pendek)
* Semester musim panas lebih murah 50% dari semester biasa
b). Program Master (S2)
1. Biaya pendaftaran masuk dan lain-lain:
§         Jordan University                                            : US$700
§         Al-al Bayt University                                       : US$450
§         Mu'tah University                                            : US$450
§         Yarmouk University                                        : US$450
§         Jordan University Science and Technology      : US$450
§         Hashemite University                                       : US$450
2. Biaya administrasi per-semester
§         Jordan University                                            : US$450
§         Al-al Bayt University                                       : US$288
§         Mu'tah University                                            : US$288
§         Yarmouk University                                        : US$302
§         Jordan University Science and Technology       : US$700
§         Hashemite University                                       : US$302
c). Program Doctor (S3)
1. Biaya pendaftaran masuk dan lain-lain:
§         Jordan University                                             : US$700
§         Al-al Bayt University                                        : US$400
§         Mu'tah University                                             : US$450
§         Yarmouk University                                         : US$450
§         Jordan University Science and Technology       : US$450
§         Hashemite University                                       : US$450
2. Biaya administrasi per-semester
§         Jordan University                                             : US$450
§         Al-al Bayt University                                        : US$200
§         Mu'tah University                                             : US$338
§         Yarmouk University                                         : US$352
§         Jordan University Science and Technology       : US$550
§         Hashemite University                                       : US$352


E. Gambaran umum biaya pendidikan rata-rata universitas negeri di Yordania untuk program S1,S2,S3 (per SKS)
No
Fakultas
S1
S2
S3
Biasa
Internasional
01
Syari'ah*
US$23
US$70
US$113
US$225
02
Sastra*
US$23
US$70
US$113
US$225
03
Pendidikan
US$23
US$70
US$113
US$225
04
ilmu social
US$23
US$70
US$113
US$225
05
Kesenian
US$71
US$105
US$-
US$-
06
Management bisnis
US$29
US$105
US$113
US$225
07
Management informatika
US$67
US$130
US$113
US$225
08
Ilmu eksak
US$37
US$85
US$150
US$225
09
Agriculture
US$37
US$85
US$150
US$225
10
Enginer dan tekhnik
US$41
US$130
US$200
US$225
11
Tekhnik informatika
US$67
US$130
US$150
US$225
12
Hokum
US$23
US$80
US$113
US$225
13
Perawat
US$22
US$85
US$150
US$225
14
Kedokteran
US$64
US$250
US$-
US$150**
15
Dokter gigi
US$44
US$212
US$-
US$150**
16
Apoteker
US$30
US$70
US$-
US$-
17
Pendidikan olahraga
US$29
US$70
US$-
US$-
Keterangan:
* Khusus Mu'tah University dan al-AlBayt University US$ 17 untuk Fakultas Syari'ah dan Sastra Arab (pembayaran program biasa)
** Spesialis

E. SYARAT PENDAFTARAN
Setiap calon mahasiswa harus mengikuti ujian seleksi Bahasa Arab dan Bahasa Ingris. Apabila gagal, maka diharuskan untuk mengikuti program Bahasa (language center) selama satu semester
Adapun syarat-syarat yang diperlukan adalah sebagai berikut:

No.
Program Bachelor (S1)
Program Master (S2)
Program Doktor (S3)
1
Ijazah SLTA/sedeRajat (asli& fotocofy 4 lembar)
Ijazah S1 / sedeRajat (asli & fotocopy 4 lembar)
Ijazah S2 / sedeRajat (asli & fotocopy 2 lembar)
2
Raport kelas 1-3 SLTA / sedeRajat (asli & fotocopy)
Ijazah SLTA/sedeRajat (asli& fotocofy 4 lembar)
Nilai rata-rata minimal 80% baik sekali (jayyid jidan/very good)
3
Nilai rata-rata minimal mencapai:
·  85% fakultas kedokteran
·  80% fakultas tekhnik dan farmacy
·  65% fakultas- fakultas yang lainnya
Nilai rata-rata minimal 70% atau peringkat baik (jayid/good)
Ijazah S1 / sedeRajat (asli & fotocopy 2 lembar)
4
Akte kelahiran
Akte kelahiran
Ijazah SLTA/sedeRajat (asli& potocopi 2 lembar)
5
Surat keterngan kelakuan baik
Surat keterangan baik dari dosen universitas asal, minimal 2 dosen
Akte kelahiran
6
Pas foto 3×4, 8 buah berwarna
Pas foto 3×4, 8 buah berwarna
Pas foto 3×4, 6 buah berwarna

Keterangan:
-         Untuk point 1 sampai 5 harus diterjemahkan kedalam bahasa Arab oleh penerjemah resmi atau depertemen kehakiman
-         Untuk pendaftaran semua jenjang, harus menyertakan passport dan poto kopinya empat eksemplar

6.        KURSUS BAHASA (LANGUAGE CENTER)
Setiap universitas negeri di Yordania mempunyai satu badan pengembangan Bahasa Arab yang disebut Language Center (LC) yang telah mendapat pengakuan di kalangan Internasional. Pada awalnya program bertujuan untuk memberikan pendalaman bahasa kepada calon mahasiswa asing yang hendak melanjutkan kuliah di Yordania dengan moto belajar Bahasa Arab langsung di lingkungan asalnya. Pada perkembangan selanjutnya, Language Center ini membuka pendaftaran umum bagi siapa saja yang berminat mengikuti kursus bahasa Arab yang dispesifikasikan dalam 3 level; Beginners, Intermediate dan Advanced. Masing- masing diselesaikan dalam waktu 4 bulan (satu semester). Tersedia juga program kursus cepat yang diselesaikan dalam tempo waktu 2 bulan.
Adapun biaya pendidikan bagi calon mahasiswa dikenakan US$ 600. sedangkan untuk umum sekitar US$ 1500 sampai US$ 2000. Biaya tersebut sudah termasuk: Asuransi kesehatan, Rihlah gratis setiap hari sabtu, language partners, asrama dan makan (khusus untuk umum)

III. BIAYA HIDUP (LIVING COST)
Bagi mahasiswa disediakan dua pilihan untuk menentukan tempat tinggal yaitu di asrama dalam universitas atau asrama luar universitas. Biaya hidup standar setiap mahasiswa yang tinggal di asrama sebesar kurang lebih USD$ 120 / bulan, sudah termasuk biaya makan dan buku/fotocopy pelajaran. Sedangkan bagi yang memilih tinggal diluar asrama universitas menghabiskan biaya sekitar US$ 170/bulan, termasuk sewa rumah, buku/fotocopy pelajaran, makan dan transportasi.
    
IV. LAIN-LAIN
1. Ijazah Universitas Negeri tersebut diatas telah mendapat pengakuan taraf Internasional
2. Selain PTN ada kurang lebih 17 Universitas Swasta dalam status yang sama. Secara umum lebih mahal 4 kali lipat dibandingkan biaya pendidikan di Universitas Negeri
3. Mahasiswa yang melanjutkan studi di Yordania selain atas biaya sendiri, ada juga merupakan mahasiswa ikatan dinas atau yang ditugaskan belajar baik oleh instansi pemerintah maupun lembaga swasta. Tidak adanya Beasiswa dari pemerintah Yordania dan walaupun ada kemungkinan kecil untuk mendapatkannya.
4. Mahasiswa Indonesia di Yordania terhimpun dalam satu badan organisasi yang bernama HPMI (Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia)
5. Bagi calon mahasiswa bisa mendaftar secara langsung ke Universitas yang di tuju ataupun melalui organisasi HPMI
6. Alamat KBRI (Kedutan Besar Republik Indonesia): Sixth Circle, South Um Uthaina, 44 Feisal bin Abdul Aziz Street. PO.BOX. 811784, Amman 11181 Yordania. Telp: 0096265538911, 5513232, 5521648, 5528912. faks : 0096265528380. E-mail :amman96@go.com.jo
7. Alamat HPMI (Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia): Amman, Sweileh. PO. Box 20 Mu'tah karak. Jordan 16710. Telp: 00962777932760, 00962795021006. E-mail: hpmijordan@yahoo.co.id



 sumber: fktmmesir