Beasiswa di Kuwait





   
Pendididkan diberikan secara cuma-cuma bagi WN Kuwait termasuk biaya untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri bagi pelajar yang berprestasi. Stateless/bidoun jika dapat menunjukkan dokumen kependudukannya dapat diberikan biaya cuma-cuma. Di sejumlah lembaga pendidikan, para siswa diberi tunjangan bulanan yang cukup signifikan untuk mendorong mereka melanjutkan pendidikan.
Sistem pendidikan dan pengajaran di Kuwait dirancang untuk mendorong pengembangan teknologi modern. Departemen Pendidikan Kuwait senantiasa memantau hasil-hasil yang diraih oleh negara-negara lain, dan berbagai pengalaman serta teori pendidikan modern negara lain. Departemen Pendidikan Kuwait mengadaptasi apa yang tepat bagi lingkungan di Kuwait dan apa yang cocok dalam bidang pendidikan untuk diterapkan di berbagai sektor.

   Pendidikan Formal
Sistem pendidikan di sekolah terdiri dari tiga tingkat: dasar, menengah pertama dan menengah atas. Tiap tingkat terdiri dari empat tahun ajaran, oleh karenanya siswa memerlukan 12 tahun untuk menyelesaikan pendidikan umum.
Batas usia untuk masuk sekolah dasar adalah enam tahun, namun Departemen Pendidikan menyediakan pelayanan pra-sekolah cuma-cuma sampai taman kanak-kanak bagi anak-anak Kuwait berusia antara empat sampai enam tahun.

       Diberitahukan kepada seluruh masyarakat indonesia di Kuwait bahwa pusat pendidikan Bahasa Arab Universitas Kuwait telah membuka kesempatan kepada masyarakat Indonesia dengan memberikan 3 (tiga) buah kursi beasiswa bagi para calon mahasiswa yang berminat belajar bahasa arab .
    Beasiswa di Kuwait
Mekanisme penerimaan beasiswa di Kuwait dari Kementerian Pendidikan dan kementerian Awqaf Kuwait ditangani oleh KBRI Kuwait. Khusus untuk siswa pelajar baru di Indonesia, proses mendapatkan beasiswa ditangani oleh Departemen Agama RI dan Kedutaan Besar Kuwait di Jakarta.
Negara Kuwait menyediakan beberapa beasiswa untuk warga negara asing sbb. :
  • Jenjang Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama/Atas
  • Jenjang Perguruan Tinggi untuk gelar S1, S2 dan DIII.
  • Kursus Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Kuwait

  
    Seputar Penerimaan Siswa Baru:
1.      Tiket pesawat dari Indonesia ke Kuwait dan visa.
2.  Apabila ditemukan keraguan dengan umur calon siswa akan diadakan tes dokter untuk menentukan kebenarannya dan apabila berbeda dengan umur aslinya akan dipulangkan kembali ke negaranya.
4.  Tiket pesawat Kuwait Airways pulang pergi untuk liburan tahunan bagi siswa-siswa yang berhasil naik kelas dengan ketentuan tidak boleh mengganti rute perjalanan yang telah ditentukan.
5.   Komite Nasional Kuwait untuk Pendidikan dan Kebudayaan adalah institusi yang mempunyai otoritas untuk mengirimkan tiket pesawat bagi calon siswa baru sesuai rute perjalanan dari negara asal siswa ke Kuwait.
6.     Asrama, makan, pengobatan di Rumah Sakit Pemerintah, buku-buku dan perlengkapan alat tulis, serta transportasi antara asrama dan sekolah  secara cuma-cuma.
7.      Uang saku sebesar 35 KD perbulan belum termasuk tunjangan-tunjangan lain yang berupa uang untuk membeli pakaian, peralatan dan perlengkapan sekolah, tunjangan bulan Ramadhan dan Hari Raya.

   Gambaran Umum Perguruan Tinggi di Kuwait
Di Universitas Kuwait atau Institut Kuwait, setiap mahasiswa boleh mengikuti kegiatan-kegiatan akademis bebas yang diadakan oleh pihak universitas atau institut. Setiap mahasiswa juga diperbolehkan mengikuti aktivitas organisasi kampus yang ada, antara Organisasi I'tilafiyyah yang paling lama berdiri, Organisasi Mastaqilla, Islamiyyah, Washt Demaqraty dan sebagainya. Lembaga Islam urusan pelajar dan mahasiswa asing juga menjadi wadah aspirasi bagi mahasiswa dan pelajar-pelajar asing di Kuwait.
Adapun siswa-siswa yang khusus kursus bahasa Arab, mereka tinggal di Kuwait selama setahun dengan 2 semester biasa dan 1 semester pendek pada musim panas.

  A. Perguruan Tinggi Negri
   1. Universitas Kuwait ( Kuwait University ) atau Jaami'atuk Juwait
Kuwait University (KU) yang didirikan pada tahun 1966 adalah satu-satunya perguruan tinggi negeri yang berada di Kuwait.
Di KU terdapat k.l. 1.297 Profesor dan Dosen, dari jumlah tersebut terdapat sejumlah 447 dosen yang berkewarganegaraan Kuwait.
Hingga akhir tahun 2006 (website Kuwait University 2007) jumlah keseluruhan pelajarnya berjumlah 27.233 mahasiswa/i, dengan 8.373 mahasiswa dan 18.860 mahasiswi. Jumlah mahasiswa yang berasal dari mancanegara berjumlah 3.029, dengan 1.032 adalah mahasiswa dan 1.997 mahasiswi. Jumlah mahasiswa Indonesia, tercatat berjumlah 4 orang, 3 orang mengambil program S 1 dan 1 orang mengambil program S 2. KU memiliki 14 jurusan, 1197 staf pengajar dan 82 program pendidikan.

Kuwait University menggunakan sistem teknologi yang cukup maju dengan menggunakan perantara internet mahasiswa mempunyai account sendiri sehingga dapat mendaftar mata kuliah dan sks yang diinginkan dalam website Kuwait University. Kuwait University menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar selain bahasa Inggris yang dipakai khusus untuk sastra Inggris, beberapa dosen menggunakan bahasa Inggris dalam mengajar.
Kuwait University mempunyai tabloid mingguan khusus mahasiswa dan staf pengajar yaitu tabloid Al-Aafaq (Horizon), dan mempunyai organisasi mahasiswa nasional Kuwait yaitu Ittihad Al-Watani Lithalabatil Kuwait (Persatuan Nasional Pelajar-Pelajar Kuwait) yang berlokasi di Kampus Khaldiya. Kuwait University mengadakan Pameran Kebudayaan Asing yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa asing dari beberapa negara Islam diantaranya Indonesia setiap bulan Maret.
Alumni Ma'had Diin yang berprestasi dapat melanjutkan studinya di Kuwait University dalam fakultas-fakultas tertentu sebagai berikut: Shari'ah dan Studi Islam, Sastra, Tarbiyah ( Pendidikan ), dan Ilmu Sosial.
Gelar yang diberikan Kuwait University untuk S1 adalah Bachelor (persamaan di DIKTI) sesuai dengan jurusan yang diambil.
Akomodasi yang disediakan pihak Universitas Kuwait :
1.      Untuk mahasiswa yang tidak mempunyai keluarga yang berdomisili di Kuwait dapat tinggal di asrama mahasiswa asing dalam lingkup Universitas.
2.      Mendapatkan makan gratis 3 x sehari (pagi, siang, malam)
3.      Transportasi antara asrama dan semua kampus yang berkala setiap 15 menit.
4.      Tidak dikenakan biaya SPP atau pendaftaran SKS.
5.      Uang saku sebesar 60 KD perbulan untuk mahasiswa yang tidak mempunyai keluarga yang bersdomisili di Kuwait dan pada liburan semester pendek waktu musim panas.
6.      Uang saku dalam setiap awal semester sebesar 50 KD untuk keperluan buku dan sebagainya, kecuali semester pendek.
7.      Penggantian biaya obat yang dibeli oleh mahasiswa beasiswa apabila obat tersebut tidak tersedia di apotik setempat dan Departemen Kesehatan.
8.      Uang pengganti asrama bagi mahasiswa yang mempunyai istri yang berdomisili di Kuwait sebesar 75 KD perbulan.
9.      Tiket pesawat kelas ekonomi bagi calon mahasiswa yang diterima oleh pihak Kuwait University, serta round trip ticket/pulang pergi pada akhir tahun musim panas bagi mahasiswa yang tidak mengambil semester pendek yang masih belajar di Kuwait University, serta tambahan timbangan 20 kilogram pada saat mahasiswa lulus akhir tahun.
10.  Uang saku selama 3 bulan yang diberikan kepada mahasiswa yang lulus sesuai dengan peraturan biasa (paling lambat 5 tahun).
11.  Biaya membuat kacamata bagi mahasiswa yang membutuhkannya sebesar 20 KD yang berskala 2 tahun sekali.
Selain beasiswa yang tersebut diatas pihak Kuwait University juga menyediakan kesempatan beasiswa untuk :
1.      Golongan anak-anak dari ibu yang berkewarganegaraan Kuwait, istri dari suami yang berkewarganegaraan Kuwait, dan suami yang beristri WN Kuwait wanita yang telah menyelesaikan sekolah menengah di Kuwait.
2.      Anak-anak dari penduduk GCC ( Gulf Country Council ) atau Negara-negara Teluk yang tinggal di Kuwait dengan syarat bahwa mereka telah menyelesaikan jenjang sekolah menengah di Kuwait.
3.      Dua puluh kursi beasiswa untuk anak-anak dari staff pengajar di Kuwait University dengan syarat telah menyelesaikan jenjang sekolah menengah di Kuwait dengan nilai rata-rata untuk sekolah menengah jurusan IPA 75% dan jurusan agama dan IPS 80 %, serta surat resmi dari Kantor Staf Pengajar.
4.      Anak-anak diplomat yang mempunyai perwakilan resmi yang diakreditasikan ke Kuwait.
5.      Anak-anak Syuhada' yang mati syahid di Kuwait dengan syarat telah menyelesaikan jenjang sekolah menengah atas di Kuwait dan menyertakan surat resmi pernyataan dari Kantor Pencatatan Orang-orang yang meninggal dunia dalam keadaan Syahid.
6.      Lima puluh beasiswa untuk Menteri Pendidikan Tinggi/Ketua Dewan Universitas Kuwait dengan syarat telah menyelesaikan jenjang sekolah menengah atas di Kuwait dengan rata-rata nilai jurusan IPA 75% dan jurusan agama dan IPS 80%.

2 Institut The Public Authority for Applied Education and Training (PAAET) atau al-Hai`ah al-'Aamah lit Ta'liim at-Tathbiiqi wat Tadriib
Pada saat ini jumlah pelajar pada pendidikan Kejuruan/Institut mencapai lebih dari 4.913 Maha-siswa/I, sesuai dengan data statistik tahun 2007, Edisi ke 30, 2007 yang  dikeluarkan oleh Kementerian Perencanaan Kuwait, Bid. Statistik dan Sensus. Dalam institut ini terdapat dari 3 jurusan.
Institut ini juga memberikan beasiswa untuk orang asing. Banyak dari penerima beasiswa ini berasal dari Sekolah Menengah Atas Ma'had Dieni. Beasiswa tersebut diberikan jurusan fakultas-fakultas tertentu yaitu Studi Pendidikan Dasar (Tarbiyyah Asasiyyah), Perdagangan, Manajemen dan Akutansi. Untuk saat ini jumlah mahasiswa Indonesia di Institut Kejuruan berjumlah satu  orang.
Kampus-kampus institut ini terbagi dalam beberapa daerah:
·        Di Adeliya terdapat Fakultas Studi Pendidikan Dasar untuk mahasiswa
·        Di Shamiya terdapat Fakultas Studi Pendidikan Dasar untuk mahasiswi
·        Di Hawally terdapat Fakultas Studi Perdagangan dan Manajamen serta Akutansi untuk mahasiswa dan mahasiswi dengan gedung kampus terpisah.
·        Raudhah terdapat Fakultas Studi Kesehatan (uluum sihhiyyah)
·        Syuwaikh terdapat Fakultas Studi Teknologi (uluum teknologi )
   
   Akomodasi yang diberikan pihak institut kejuruan adalah:
1.      Bagi mahasiswa yang belum disediakan asrama untuk mahasiswa asing.
2.      Mendapatkan makan gratis 3 x sehari
3.      Transportasi antara asrama dan semua kampus yang berkala setiap satu jam.
4.      Tidak dikenakan biaya SPP atau pendaftaran SKS.
5.      Uang saku sebesar 60 KD perbulan untuk mahasiswa yang belum berkeluarga dan pada liburan semester pendek waktu musim panas.
6.      Uang saku dalam setiap awal tahun ajaran sebesar 50 KD untuk keperluan buku dan sebagainya.
7.      Uang pengganti asrama bagi mahasiswa yang mempunyai istri yang berdomisili di Kuwait sebesar 75 KD perbulan.
8.      Tiket pesawat kelas ekonomi bagi calon mahasiswa yang diterima oleh pihak Kuwait University, serta round trip ticket/tiket pulang pergi pada akhir tahun musim panas bagi mahasiswa yang tidak mengambil semester pendek yang masih belajar di Kuwait University.
9.      Uang saku selama 3 bulan yang diberikan kepada mahasiswa yang lulus sesuai dengan peraturan biasa (paling lambat 5 tahun).
10.  Biaya pengganti kacamata bagi mahasiswa yang membutuhkannya sebesar 20 KD yang berskala 2 tahun sekali.
   Gelar yang diberikan untuk Institut ini adalah D3 untuk semua Fakultas kecuali Fakultas ilmu Pendidikan Dasar yaitu S1.
Deskripsi dokumen dan berkas-berkas :
1.      Semua ijazah harus menggunakan bahasa yang diakui seperti bahasa Arab, bahasa Inggris atau bahasa Perancis, atau diterjemahkan kedalam salah satu bahasa tersebut dengan menyertakan photokopi ijazah asli yang sudah dilegalisir.
2.      Semua ijazah dan dokumen diharuskan asli atau photokopi yang sudah dilegalisasi.
3.      Ijazah calon siswa yang menyatakan kelulusan dan tidak menerima ijazah kegagalan akademi.
4.      Sudah dicap resmi dari pihak sekolah dan ditandatangani kepala sekolah dengan nama yang jelas.
5.      Legalisasi semua cap dan tanda tangan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan Departemen Luar Negri Indonesia dan Kedutaan Kuwait di Indonesia atau Kedutaan-kedutaan Arab yang ada untuk mewakilkannya.
6.      Legalisasi ijazah oleh Departemen Luar Negri bagian konsuler di Kuwait.
7.      Tidak ada coretan atau perubahan-perubahan dalam ijazah.
8.      Batas paling lama masa berlaku ijazah SLTA tidak lebih dari 1 tahun, dan tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat disebabkan melanggar ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku.
9.      Ijazah akan disetarakan oleh Pemerintah Kuwait melalui Departemen Pendidikan yang terkait untuk persamaan ijazah.

Untuk mengajukan permohonan beasiswa tingkat Perguruan Tinggi ini ada 2 jalan birokrasi yang kita lewati :
1.      Penyeleksian dari Perwakilan RI di Kuwait yaitu Kedutaan Besar RI yang akan memberikan cap resmi dan dari Kementrian Luar Negri Kuwait kemudian diteruskan ke pihak Kuwait University.
2.      Pengajuan beasiswa ke Departemen Agama dan Urusan Islam Kuwait melalui Lembaga-Lembaga Islam yang  direkomendasikan oleh Depag yang tersebut seperti untuk SLTA kemudian diteruskan ke pihak Kuwait University.
Catatan penting : Batas akhir penerimaan pencalonan beasiswa adalah awal Agustus untuk semester pertama setiap tahunnya, dan akhir November untuk semester kedua.

   Mekanisme Permohonan Beasiswa untuk Program Kursus Bahasa Arab :
Persyaratan yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut:
1.      Mengisi formulir pendaftaran berikut lampirannya yang berupa lembaran keterangan alasan dan motivasi calon siswa untuk belajar Bahasa Arab di Pusat Bahasa dengan menggunakan Bahasa Inggris
2.      Terjemahan Arab Ijazah SMA & Rapor (dilampirkan dengan ijazah asli dan photokopi yang telah dilegalisir)
3.      Terjemahan Arab photokopi ijazah S1 (apabila ada dan dilampirkan ijazah yang dilegalisir)
4.      Dua lembar pas photo berwarna ukuran 3 x 4 dan Dua lembar Pas photo ukuran 4x6
5.      Photo kopi paspor
6.      Catatan Medis bebas dari penyakit menular (HIV, HBS – Ag, CHEST X RAY)
7.      Akte Kelahiran yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Arab atau Inggris dan telah dilegalisir.
8.      Surat Keterangan Kelakuan Baik dari kepolisian yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Arab atau Inggris.
9.      Dua buah rekomendasi dari guru/dosen tempat calon mahasiswa belajar sebelumnya.
10.  Rekomendasi dari KBRI Kuwait.
11.  Umur calon mahasiswa berkisar antara 18-32 tahun..
Penawaran beasiswa dari Pusat Bahasa Universitas Kuwait biasanya telah diterima KBRI Kuwait pada bulan Januari setiap tahunnya. Saat ini, jumlah beasiswa yang ditawarkan oleh Pusat Bahasa untuk WNI berjumlah 3 orang, dan KBRI Kuwait masih terus berupaya agar jumlahnya ditambah. Adapun batas akhir penerimaan beasiswa adalah awal April pada setiap tahunnya.
Program studi Bahasa Arab di Pusat Bahasa ini berlangsung minimal 1 semester dan maksimal 3 semester, tergantung dari hasil tes bahasa pertama yang diikuti oleh calon mahasiswa ketika hari pertama masuk kuliah. Jenjang studi bahasa di Pusat Bahasa ini memiliki 3 jenjang/level yaitu: Tingkat Mubtadi' (Pemula), Tingkat Mutawassith (Madya) dan Tingkat Mutaqaddim (Utama/Mahir). Masing-masing jenjang diselenggarakan selama 1 semester.
Proses belajar mengajar dimulai pada pertengahan bulan September dan berakhir pada bulan Juli untuk level pertama. Sedangkan untuk level Madya masa studi selesai pada bulan Mei. Dan untuk tingkat Mahir/Utama masa studi akan selesai pada akhir bulan Januari.
Jam belajar untuk level pertama berlangsung dari pukul 8-12 setiap harinya dari hari Sabtu s/d Rabu. Sedangkan untuk level madya berlangsung dari pukul 9 s/d 12.00-13.00. Sedangkan untuk level utama biasanya hanya berlangsung selama 2 jam pelajaran setiap harinya yang kemudian dilanjutkan dengan studi mandiri ke beragam perpustakaan dan laboratorium pusat tekhnologi informasi yang ada di fakultas-fakultas di Universitas Kuwait.
Proses belajar di Pusat Bahasa di Universitas Kuwait memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan fakultas-fakultas lainnya. Kelas-kelas bahasa dalam Pusat Bahasa ini bersifat eksklusif untuk para mahasiswa-mahasiswa asing dari berbagai negara dan tidak bercampur dengan mahasiswa lokal WN Kuwait ataupun WN Arab. Sehingga suasana belajar dan persahabatan di kampus ini terlihat lebih dinamis, beragam & terbuka didorong pula oleh manajemen dan tenaga pengajar pusat bahasa yang rata-rata lulusan luar negeri yang semakin menambah suasana tersebut lebih akrab.
Pusat studi bahasa terletak di Kampus Syuweikh yang berdekatan dengan pelabuhan Syuweikh, pusat bisnis Free Trade Zone dan Kampus Institut Penelitian negara-negara Arab serta kampus Institut Perencanaan negara-negara Arab dan komplek rumah sakit Al-Sabah.
Adapun fasilitas yang diberikan oleh pusat bahasa adalah sbb. :
1.      Tiket Kuwait Airways pulang pergi dari dan ke negara asal mahasiswa
2.      Akomodasi dan makan gratis tiga kali sehari (sarapan, makan siang dan makan malam) di Asrama Mahasiswa Syuweikh (Putra) dan Kaifan (Putri).
3.      Transportasi gratis dari dan ke Asrama dan kampus.
4.      Transportasi ke pusat-pusat perbelanjaan.
5.      Uang saku bulanan sebesar 60 KD (sekitar 210 US$)
6.      Uang pengganti pembelian buku sebesar 50 KD untuk setiap semester.
7.      Akses gratis ke berbagai perpustakaan dan pusat informasi dan tekhnologi milik Universitas Kuwait.
8.      Biaya membuat kacamata bagi siswa yang membutuhkan sebesar 20 KD.


SYARAT-SYARAT PENGAJUAN APLIKASI BEASISWA PUSAT BAHASA UNIVERSITAS KUWAIT

1. Mengisi formulir aplikasi Pusat Bahasa Universitas Kuwait
2. Foto copy paspor calon mahasiswa
3. Terjemahan Arab Ijazah SMA & Rapor
(dilampirkan dengan Ijazah SMA & Rapor)
4. Terjemahan Arab foto copy ijazah s1 (apabila ada & dengan lampiran ijazah legalisir)
5. Pernyataan calon mahasiswa tentang alasan keinginannya belajar di Pusat Bahasa Universitas Kuwait
6. Dua buah surat rekomendasi dari dosen/ guru tempat calon mahasiswa belajar saat ini
7. Dua buah foto berwarna ukuran 3x4
8. Membuat pernyataan untuk tidak mengundurkan diri selama masa study berlangsung
9. Diharuskan bagi pengaju permohonan aplikasi untuk memperhatikan prestasi belajar
dan kedisiplinan calon mahasiswa selama masa study berlangsung.

Web-web Site Universitas Kuwait:
No.
Institusi
Web Site
1
Arab Open University
2
Gulf University for Science and Technology
3
Australian College of Kuwait  
4
Ministry of Higher Education
5
PPI Kuwait


The Embassy of the Republic of Indonesia
Kaifan Area Block 6,
Abdul Aziz Al Sanee St. Bldg. No. 29
Telp :
(+965) 2483 9927, 2483 9953, 2481 3379

Fax. :
+965 2481 9250
Website :
www.indonesianembassy-kuwait.org

Email :
embassy@indonesianembassy-kuwait.org